Jajanan Tradisional Lupis Gula Merah Yang Lembut dan Kenyal Bkin Nagih!

Ruangjajanan.com- Siapa yang tidak kenal dengan jajan tradisional lupis,cemilan yang lembut dan kenyal cocok disajikan dalam berbagai macam acara. Walaupun seiring berkembangnya zaman jajanan lupis tradisional ini tidak ketinggalan dan masih sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. 

Kue lupis memiliki tekstur yang kenyal dan lembut dan rasanya yang manis membuat siapa saja yang memakannya akan ketagihan. Lupis biasanya disajikan bersama dengan klepon, cenil dan jajanan pasar lainnya dengan taburan kelapa parut dan saus gula merah. 





Biasanya kue lupis ini sering kita jumpai di pasar-pasar atau dipinggir jalan, Berikut cara membuat lupis yang sederhana dirumah: 

1. Bahan-bahan 
- 300 gram beras ketan 
- Garam secukupnya
- 250 gram gula merah 
- 250 gram kelapa muda parut 
- Air secukupnya
- Daun Pisang untuk membungkus
- Daun Pandan 
- Tusuk lidi


2. Cara Membuat 
- Cuci hingga bersih beras ketan di air yang mengalir
- Tambahkan garam secukupnya dan campurkan daun pandan yang telah di jadikan pasta lalu masukan sedikit air aduk hingga merata, diamkan selama 1 jam 
- Siapkan daun pisang untuk membungkus kue lupis, potong daun pisang menjadi segitiga lalu masukan beras ketan sampai terisi penuh dan tusuk menggunakan lidi agar tidak berantakan. Lakukan hingga abis
- Kemudian rebus kue lupis selama 1 jam hingga matang
- Untuk toping kue lupis kukus parutan kelapa selama 10 menit 
- Lalu rebus gula merah dengan air dan daun pandan, masak hingga air gula menjadi kental 
- Setelah lupis matang angkat, keluarkan lupis dari daun pisang dan gulingkan ke taburan kelapa parut dan siram dengan air gula diatasnya. 

- Kue lupis siap disajikan